Selasa, 30 Mei 2017

Grandma, Grandpa and Me (Nenek, Kakek dan Aku) — Arleen A.

Sampul Grandma, Grandpa and Me by Arleen A.
Blurb:

Tahukah kamu bahwa nenekku punya sepasang sarung tangan ajaib? Apakah kamu pernah dengar tentang switer tua yang dapat digunakan untuk apa saja? Apakah benar-benar ada tempat di mana kau dapat meminjam cucu? Dan apa yang akan kau lakukan bila ada sekelompok mahluk luar angkasa yang datang untuk menculik nenekmu? Kamu dapat membaca cerita-cerita itu dan lebih banyak lagi di dalam buku yang berjudul Nenek, Kakek dan Aku ini.


Anak-anak yang masih memiliki kakek dan nenek sangatlah beruntung. Mereka tumbuh tidak hanya dengan kasih orang tua, tapi dengan dikelilingi lebih banyak orang yang rela melakukan apapun demi mereka. Buku ini berisi sepuluh kisah yang mengabadikan saat-saat indah yang dialami anak-anak dengan kakek dan nenek mereka, saat-saat yang pasti akan membekas di dalam hati mereka. Buku ini adalah bentuk apresiasi terhadap kakek dan nenek di mana pun juga, dan adalah sebuah momento peringatan bagi mereka yang sudah meninggalkan kita.



Buku anak berjudul Grandma, Grandpa and Me (Nenek, Kakek dan Aku) karya Arleen A. ini sangat menarik. Selain karena penuh dengan ilustrasi yang ngegemesin, indah, dan keren banget. Tuturan kisahnya pun terbilang sangat memberikan pelajaran berharga bagi pembaca, utamanya bagi anak-anak yang membaca secara langsung atau mendengarkan dari orang tua yang membacakannya. Seperti diungkap dalam blurb, "anak-anak yang memiliki kakek dan nenek sangatlah beruntung." Tetapi kita ketahui juga tidak sedikit para cucu seolah jauh dengan kakek nenek mereka, karena itu buku ini menjadi perlu untuk mengingatkan kembali dan membangun hubungan baik antara para cucu dan kakek nenek mereka. Bahwa kakek nenek merupakan orang tua jua sama halnya dengan ayah ibu.

Buku cerita ini berisi sepuluh kisah dengan narasi dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, ini jadi nilai plus mengenalkan bahasa asing sebagai bagian dari pergaulan internasional kepada anak-anak. Adapun kesepuluh cerita itu adalah:

1. Grandma's Magic Gloves - Sarung Tangan Ajaib

Cerita pertama ini merupakan kisah yang paling kusukai, karena anak-anak diajak untuk tahu dan menyadari bahwa perbuatan baik akan menghasilkan sesuatu yang baik dan indah.


2. Grandpa Magic Oven - Oven Ajaib Kakek

Cerita ini mengajak anak-anak untuk bisa menghargai segala benda dan bahwa alat-alat sederhana pun tidak kalah dengan alat-alat modern.

3. My Grandparents are NOT Retirees - Kakek dan Nenekku BUKAN Pensiunan

Kisah ini membuktikan bahwa anak-anak selalu penasaran pada seuatu termasuk juga pada profesi orang tua dan kakek nenek mereka. Uniknya tokoh cucu pada cerita ini rasa ingin tahunya tinggi sehingga mencoba melakukan penyeledikan. Dan ini cerita yang paling bikin aku terbahak. 

4. The Music Box - Kotak Musik

Yang ini pun asyik. Seorang cucu yang harus memenuhi tugas sekolah, yakni membawa barang milik kakek atau nenek untuk dipresentasikan di depan kelas. Setelah ini itu bukan benda yang diiyakan oleh sang kakek, tiba-tiba justru kotak musik penyoklah yang dipilih oleh kakek. Sang cucu agak ragu, tetapi benda itulah yang justru memberinya nilai A.

5. Grandpa's Sweater - Sweater

Ini cerita yang hangat.

6. A Borrowed Granddaughter - Cucu Pinjaman

Kisah seorang cucu yang jauh dari nenek kakek mereka, tetapi suatu ketika ia dititipkan oleh kedua orang tuanya kepada sepasang kakek nenek. Awalnya, Gadis Kecil itu ragu apalagi dia sudah banyak tahu soal kakek nenek dari teman-temannya. Namun, kenyataannya ternyata tidak seburuk yang dia kira.

7. Kidnapped - Diculik

Sejujurnya aku tidak begitu yakin kalau nenek pada kisah ini adalah nenek kandung sang cucu. Tetapi pelajaran pentingnya, seorang anak yang jarang berinteraksi dengan kakek neneknya bisa saja berimajinasi yang melampaui perkiraan. Tapi asyik juga lho cerita yang ini.

8. My Grandpa & Me - Kakek dan Aku

Ini cerita yang paling mengharukan dan menyentuh.

9. Grandparents Day at School - Hari Kakek-Nenek di Sekolah

Sebenarnya di sekolah sang cucu adanya hari orang tua, sayangnya kedua orang tua sang cucu tidak bisa hadir, akhirnya kakek nenek yang menggantikan. Awalnya sang cucu ragu, apa yang mungkin menarik dari kakek nenek? Dan ternyata, ada kejutan dari keduanya. Kelas pun menjadi ceria.

10. The Foos - Para Foo

Ini kisah yang paling ajaib dalam artian memang bermuatan fantasi.

Itulah kesepuluh kisah yang menarik, yang layak diceritakan dan menjadi bahan bacaan anak-cucu. Orang tua pun dapat memetik pelajaran bahwa ada hak bagi anak mereka untuk mengenal nenek-kakek mereka. Terima kepada Arleen A. dan para ilustratornya karena sudah menyediakan bahan bacaan anak-anak yang menarik ini. Aku yang bukan kanak lagi pun suka membacanya.

[]

Identitas Buku
Judul: Grandma, Grandpa and Me (Nenek, Kakek dan Aku)
Penulis: Arleen A.
Ilustrator: Herlina K., Sisca A., Adlina, Lenny W., Maria A.,  Linny W., EorG, Natassya S., Natasya C.R., Jackson
Penerbit Gramedia Pustaka Utama, 2016
208 halaman, ISBN 9786020333502

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire